Menghindari Kesunyian

.net

Bagiku, luka paling perih adalah kebohongan. Luka yang telah sengaja kau goreskan di dadaku. Tak ada yang kuyakini saat ini, selain memar yang makin membiru. 

Malam kini menjadi perihal yang paling kubenci. Aku sedang menghindari kesunyian. Sebab malam dan sunyi akan menjadi paket yang mendorongku ke palung kesedihan. 

Aku ingin belajar merahasiakan luka. Menangisi perasaan-perasaan itu sendiri. Tetapi kau tahu? Luka lebih mudah mengalirkan ribuan kata. Lalu mereka ingin segera keluar dari otak kecilku. 

Mungkin bagimu aku serupa gudang. Segala kepedihan hatimu, limpahkan saja padaku. Jika ada waktu, kau kunjungi saja aku. Tetapi kenyataannya tak begitu. Ternyata kau terlalu sibuk melupakan aku. 

(Bws, ditulis pada tanggal 30 di bulan hujan 2016. -ilmrsydh- ) 

Maaf?ย 

Tidak peduli seberapa besar atau seberapa sering orang lain menyakiti kita. Mereka selalu punya hak untuk dimaafkan. 

Terkadang kita hanya mengingat rasa sakit yang diberikan orang lain pada kita.  Terkadang kita hanya menghitung kesalahan yang dilakukan orang lain pada kita. 

Terkadang kita lupa kekejaman yang telah kita lakukan. Terkadang kita tidak sadar ada orang lain yang terluka karena tingkah laku kita. 

Maka tidaklah salah membukakan pintu maaf seluas-luasnya kepada orang lain. Tiadalah keliru jika kita harus berkali-kali memaklumi kesalahan orang lain. Sebab manusia tak diciptakan untuk selalu benar. 

(ditulis ketika harus memaklumi kesalahan yang sama berkali-kali. tsahh๐Ÿ˜‚)

Belajarlah tentang Cinta

Mungkin karena aku seorang perempuan. Semua hal yang menyangkutpautkan ‘perasaan’ menjadi lebih mudah aku kuasai. Aku seorang yang mudah jatuh hati. Bagiku cinta ada dimana-mana.  
Cinta. Sudut pandang yang mungkin banyak orang anggap sebagai hal yang klise dan muluk. Tetapi tak mungkin dipungkiri bahwa ‘only love can make everything feels better’.  Bagiku tak ada keindahan tanpa cinta. 

Justru segala hal yang tak dapat kau beli dengan uang, adalah hal yang paling mahal di dunia. Lihatlah hatimu! Jangan biarkan kerakusan dan kesombongan mengotori cinta yang ada di dalamnya. Saat itu terjadi, tak akan lagi kau lihat keindahan sejati dari hidup ini.  

Belajarlah cinta dari rumput di taman rumahmu, dari bulan yang menyinari langit malammu, lebih-lebih belajarlah cinta dari sepertiga malam terakhirmu. Cobalah pahami kecintaan macam apa yang telah menjadikan Jalaluddin Rumi menulis…

“Akal kan sia-sia bahkan menggelepar tuk menerangkan cinta” -penggalan dari syair Rumi yang berjudul Cinta, Sang Penerang-

Serba Serbi ‘Happy Holiday’

Liburan kali ini ternyata gak semenyeramkan yang aku bayangkan. Biasa juga liburan cuma di rumah doang. Sesekali dibesuk sama temen. Main-main bentar terus udah deh. Monoton. 

Tapi liburan kali ini aku lewati dengan menjelajah (cieelahh) ke beberapa tempat wisata. 

Pertama, diajakin temen naik gunung. Tepatnya ke Patirana 28, dadapan. Gak beneran naik gunung sih, tapi tracknya lumayan juga. Yahh, betis agak keras dikit lahh ๐Ÿ˜‚

Kedua, diajakin tante dan bu dhe ke Watu Ulo dan  Tanjung Papuma, Jember. Tengok pantai, foto-foto bentar, cuci kaki, udah deh. Di sana emang gak disarankan berenang karena masih bagian dari pantai selatan. Terus kita pulang deh. 

Nah, dari beberapa perjalanan yang udah aku jalani, ternyata…

1. Berkumpul bersama keluarga dan teman-teman terkasih memang yang utama. Gak peduli mau kemana pun kita berlibur, kalau sama keluarga dan teman terkasih pasti terasa menyenangkan dan hangat. Walau pun terkadang suka ribet, ricuh, riwehh, dan lain sebagainya, tapi itulah hal yang bikin liburan makin terasa seru and unforgettable. 

2. Kesabaran seseorang dapat diuji saat dalam perjalanan. Pasti banyak dong yang menemui macet saat akan menuju tempat wisata. Apalagi pas liburan panjang sekolah. Ampunn dehh, macet dimana-mana! Semua orang berebut untuk segera sampai ke tempat tujuan. Tetapi kita juga tak boleh sampai mengorbankan orang lain untuk mencapai keinginan kita. Apalagi sampai menyerobot antrean, mengambil jatah jalan orang lain, dll. Pasti orang lain juga mau cepat sampai, mau cepat keluar dari mobil, dan mau cepat bersantai. Jadi, tetap sabar dalam perjalanan adalah kunci keselamatan. 

3. Persiapan yang matang sangat dibutuhkan dalam liburan. Mulai dari badan yang prima, kendaraan yang ready to go, sampai bekal makanan yang cukup. Tentu kita gak mau dong, di tengah perjalanan jatuh sakit karena gak kuat panas atau gak kuat capek. Kita juga gak mau dong, mobil tiba-tiba mogok di jalan. Atau kita kelaparan di atas gunung dan gak mungkin turun lagi cuma buat beli makanan (pengalaman pribadi ini๐Ÿ˜‚). Waduh, bisa gawat kalau begitu. Menurut quote yang pernah aku baca, “If you fail to prepare, you’re prepared to fail.”

Sederhananya, tujuan liburan itu adalah untuk membahagiakan jiwa dan raga yang sudah sekian lama penat karena kesibukan ini dan itu. Jadi, buatlah liburan yang menyenangkan menurut caramu sendiri ๐Ÿ˜‰

Sesederhana ini

โ€‹

Derai hujan Desember yang dingin

Menyalakan kembali gelora rinduku

Entahlah..

Mengapa dingin justru membakar aku? 

Hujan mengetuk tanah ribuan kali malam ini

Maka air mataku mengutuk rindu jutaan kali malam ini

Aku merindukanmu

Hanya kalimat itu 

Sesederhana itu

Setengah mampus aku bernapas dalam kerinduan

Yang aku tau, aku hanya perlu hidup lebih lama lagi 

Demi mengurai rindu sejengkal menuju sejengkal

Malam yang membekukan

Siang yang membakar 

Semua keadaan serba salah bagiku

Aku ingin kamu!

Hanya itulah kebenarannya
~ilmrsydh~

Sambut Kelahiran Rasulullah SAW. dengan Sukacita

Assalamu’alaikum Wr. Wb. 

Bagi ahlussunnah wal jama’ah, bulan Rabiul Awal adalah bulan yang penting. Pada bulan inilah, Baginda Rasulullah SAW dilahirkan ke dunia yaitu tepat pada tanggal 12 Rabiul Awal di tahun gajah.

ููŽุงู‡ู’ุชูŽุฒู‘ูŽ ุงู’ู„ุนูŽุฑู’ุดู ุทูŽุฑูŽุจู‹ุง ูˆูŽุงุณู’ุชูุจู’ุดูŽุงุฑู‹ุง . ูˆูŽุงุฒู’ุฏูŽุงุฏูŽ ุงู’ู„ูƒูุฑู’ุณููŠู‘ู ู‡ูŽูŠู’ุจูŽุฉู‹ ูˆูŽูˆูŽู‚ูŽุงุฑู‹ุง . ูˆูŽุงู…ู’ุชูŽู„ูŽุฃูŽุชู’ ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽูˆูŽุงุชู ุฃูŽู†ู’ูˆูŽุงุฑู‹ุง . ูˆูŽุถูŽุฌู‘ูŽุชู’ ุงู„ู’ู…ูŽู„ุงูŽุฆููƒูŽุฉู ุชูŽู‡ู’ู„ููŠู’ู„ุงู‹ ูˆูŽุชูŽู…ู’ุฌููŠู’ุฏู‹ุง ูˆูŽุงุณู’ุชูุบู’ููŽุงุฑู‹ุง .( ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุงู’ู„ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‡ู ูˆูŽู„ูŽุง ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุงู„ู„ู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู ) ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ุชูŽุฒูŽู„ู’ ุฃูู…ู‘ูู‡ู ุชูŽุฑูŽู‰ ุฃูŽู†ู’ูˆูŽุงุนู‹ุง ู…ูู†ู’ ููŽุฎู’ุฑูู‡ู ูˆูŽููŽุถู’ู„ูู‡ู . ุฅูู„ูŽู‰ ู†ูู‡ูŽุงูŠูŽุฉู ุชูŽู…ูŽุงู…ู ุญูŽู…ู’ู„ูู‡ู .ููŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ุงุดู’ุชูŽุฏู‘ูŽ ุจูู‡ูŽุง ุงู„ุทู‘ูŽู„ู’ู‚ู ุจูุฅูุฐู’ู†ู ุฑูŽุจู‘ู ุงู’ู„ุฎูŽู„ู’ู‚ู . ูˆูŽุถูŽุนูŽุชู’ ุงู„ู’ุญูŽุจููŠู’ุจูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุณูŽุงุฌูุฏู‹ุง ุดูŽุงูƒูุฑู‹ุง ุญูŽุงู…ูุฏู‹ุง ูƒูŽุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุงู’ู„ุจูŽุฏู’ุฑู ููู‰ ุชูŽู…ูŽุงู…ูู‡ู

“Maka Arsy bergoncang karena sangat senang dan bahagia, bertambahlah kewibawaan dan keanggunan al-Kursiy, langit dipenuhi dengan cahaya, para Malaikat bergemuruh membaca tahlil tamjid dan istighfar. 

Dan tiada hentinya Siti Aminah menyaksikan berbagai macam keagungan dan keutamaan baginda Muhammad SAW, sampai pada sempurnanya mengandung Rosulullah SAW. Maka ketika Siti Aminah telah merasakan mau melahirkan yang amat sangat, dengan izin Allah SWT dzat yang Maha Menciptakan, maka Siti Aminah melahirkan seorang kekasih Allah dalam keadaan bersujud bersyukur memuji Allah SWT, dengan wajah seperti bulan purnama yang sempurna.”

Alhamdulillah, seluruh warga Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso menyambut bulan maulid dengan penuh sukacita. Sebanyak 31 kelas mengadakan perayaan Maulid Nabi di 31 tempat yang berbeda. Program ini dikenal dengan nama PKLA atau praktek kerja lapangan keagamaan. Seluruh siswa dan siswi dididik untuk bisa bekerjasama dengan kawan maupun dengan warga sekitar melalui program ini. 

Alhamdulillah, gambar di atas adalah salah satu hasil dokumentasi pada acara Maulid Nabi kelas XII IPA 2 (kelas saya sendiri nehh๐Ÿ˜Š). Kami mengadakan acara maulid di Ds. Kejayan, Pujer, Bondowoso bekerjasama dengan Masjid Nurul Taqwa di daerah tersebut. Kami mengusung tema “Mari tingkatkan iman dan taqwa melalui semangat maulid guna menggapai syafa’at Rasulullah SAW.” Uhh.. Kece banget deh itu tema๐Ÿ˜‚ (memuji hasil karya sendiri, hehe๐Ÿ˜…). Walaupun jalan menuju lokasi acara agak yaahh.. melelahkan (jauh dari kota dan puanjangg jalannya), tapi kami senang karena warga sangat menerima kehadiran kami. 

Program ini sudah berjalan 14 tahun di madrasah kami. Selain untuk meperkenalkan dan memasyarakatkan madrasah kami, program ini juga diharapkan dapat menjadi syi’ar agama Islam. 

Masa sih kita mau heboh pas ngerayain ulang tahun sahabat atau gebetan tapi pas Maulidur Rasulullah SAW gak mau kita gedein perayaannya?? Padahal kelak di akhirat, hanya Rasulullah SAW-lah yang dapat memberikan syafa’at atau pertolongan kepada umat yang beliau cintai. Menurut pengajaran dari guru saya, kelak Rasulullah akan bersujud memohon kepada Allah supaya umat beliau yang ada di neraka diangkat dan dipindahkan ke surga. Lalu Allah mengabulkan permohonan beliau dan mengangkat umat Rasulullah yang ada di neraka satu per satu hingga selesai sujud panjang Rasulullah SAW. Betapa Rasulullah penuh cinta dan kasih kepada umatnya. Maka pertanyaannya, sudah sempurnakah cinta kita kepada beliau? Mari kita perbaiki diri sama-sama. 

Mudah-mudahan program madrasah yang sungguh baik niatnya ini, tiada dikotori dengan fitnah-fitnah keji dari orang-orang yang tidak mengerti. Amin. Imam Al-Busyiri melalui Qasidah Burdahnya (syair kecintaan kepada Allah dan Rasulullah) berkata, “Maafku untukmu wahai para pencaci gelora cintaku. Seandainya kau bersikap adil, takkan kau cela aku.”

ุงูŽู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุตูŽู„ูู‘ ุนูŽู„ูŽู‰ ุณูŽูŠูู‘ุฏูู†ูŽุง ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ุทูุจูู‘ ุงู„ู’ู‚ูู„ููˆู’ุจู ูˆูŽุฏูŽูˆูŽุงุฆูู‡ุง . ูˆูŽุนูŽุงูููŠูŽุฉู ุงู’ู„ุฃูŽุจู’ุฏูŽุงู†ู ูˆูŽุดูููŽุงุฆูู‡ูŽุง . ูˆูŽู†ููˆู’ุฑู ุงู’ู„ุฃูŽุจู’ุตูŽุงุฑู ูˆูŽุถููŠูŽุงุฆูู‡ูŽุง  .ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ูู‡ู ูˆูŽุตูŽุญู’ุจูู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูู‘ู…ู’ 

โ€œYa Allah, berikanlah rohmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad sebagai penyembuh hati sekaligus obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, yang menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan barokah dan kesejahteraan.”

UAS is already Over

Yeahh, UAS baru saja usai ๐Ÿ™Œ dua minggu yang melelahkan sekali.
Dari ujian kemarin, banyak ilmu yang bisa saya dapatkan. Alhamdulillah.
  1. Guru saya mengatakan bahwa ilmu bisa dikatakanย barokahย ketika ilmu tersebut menambah kebaikan dan ketaqwaan kepada kita. Nahh! Langsung bercermin deh akunya ๐Ÿ˜ณ Apa selama ini ilmu saya sudah barokah? Kesimpulannya adalah, ketika ilmu kita bertambah maka idealnya kebaikan yang bisa kita tebarkan bertambah pula.
  2. Percaya nggak sih kalau saya mengatakan bahwa ‘kerendahan hati’ dapat memengaruhi nilai ujian? Saya percaya itu. Pas banget sama pengalaman saya. Ketika saya merasa yakin akan mendapat nilai yang tinggi (karena saya merasa dapat mengerjakan soal dengan baik), saat itulah kenyataan membanting anggapan saya. Ternyata nilai saya nggak segedhe bayangan saya. Hikss๐Ÿ˜ข ternyata over-confident terlarang untuk segala hal dalam hidup ini.
Ujian sekolah telah memberi banyak pengaruh kepada saya. Ujian memang harus memberikan banyak pengaruh kepada anak didik. Do’a pun harus terus terpanjat pada Tuhan supaya diberikan hasil yang terbaik ๐Ÿ˜‡ have a nice holidayy…

Aku Masih Anak Sekolah!

Apa yang saya rasakan saat ini adalah kebimbangan bercampur ketakutan. Mereka bersatu padu menggerogoti pikiran saya. 

Beban menjadi murid yang duduk di bangku kelas 3 SMA adalah “kemana harus melangkah setelah lulus?”

Ratusan kali orang-orang yang saya temui menanyakan hal itu. Lalu, hari ini saya membaca dagelan dari instagram kakak saya tentang perjuangan anak SMA semester akhir. Biasanya anak kelas 3 SMA ngerasa kalau LULUS SMA adalah akhir dari perjuangannya. Dengan gigih anak kelas 3 menggapai predikat itu. Setelah sampai pada predikat LULUS, ternyata perjalan mereka muaaasihhh sangat panjang. Kelulusan itu menandakan sebuah perjalanan panjang nan sulit akan segera dimulai. Gimana nggak? 

Setelah anak SMA lulus dari bangku sekolah, mereka bakal menempuh bangku perkuliahan. Pastinya dunia perkuliahan gak lagi sama kayak di bangku sekolah. Satu hal yang juga akan segera dihadapi anak lulusan SMA adalah kenyataan bahwa kehidupan dunia itu gak gampang. 

Dulunya saya berkeinginan untuk segera lulus dari bangku sekolah menengah atas. Tapi setelah menjalani UAS semester 1 ini, ketegangan di diri saya membuncah. Beribu pertanyaan memenuhi otak saya yang kecil ini. Beribu ketakutan dan kegelisahan pun hinggap di diri saya. Kemudian saya agak menyesali keinginan untuk segera lulus (hehe๐Ÿ˜, rasanya masih pengen lama-lama gitu jadi anak sekolahan). Tapi mau tidak mau aku harus LULUS di tahun 2017. Lalu seperti apa kehidupan yang akan aku hadapi nanti? 

Mudah-mudahan Allah senantiasa membimbing ke jalan yang Ia ridloi. Amin๐Ÿ˜‡

Jadilah Remaja Keren

Kali ini saya ingin menulis tentang kepribadian, utamanya kepribadian remaja. Apa sih yang bisa dilihat dari seorang remaja kalau bukan kepribadiannya?  Ilmu masih cetek, harta gak ada alias sering bokek, rumah masih numpang orang tua, pulsa masih sering minta dibeliin. Sebenarnya seorang remaja gak punya apa-apa kecuali kepribadiannya sendiri! 

Semua orang tua menyekolahkan anaknya supaya si anak punya kepribadian yang baik sebagai bekal untuk terjun ke masyarakat ketika dewasa kelak. Jadi tugas saya dan para remaja sekalian adalah menata kepribadian kita guna mewujudkan cita-cita orang tua kita. 

Buat saya, menurut pandangan saya, lagi-lagi ini hanya pemikiran saya, bahwa ada 3 jenis ke-keren-an dari seorang remaja. Apa saja?

.net

1. Remaja yang mau JUJUR. 
Kalau menurut guru saya, “Kejujuran itu kunci kesuksesan”. Yap! Saya setuju. Di dalam Islam pun, salah satu ciri orang munafik adalah apabila berkata ia berdusta. Jadi,  remaja keren itu yang berani jujur walaupun terkadang pahit. Mungkin sih pahit sekarang, tapi jujur bisa jadi bekal yang sempurna untuk terjun di masyarakat nantinya. 

2. Remaja yang mau hidup apa adanya alias GAK DRAMA. 

Saya sih paling gak suka sama orang yang suka berpura-pura. Benci banget sama orang yang cuma pengen image-nya  bagus di depan orang lain padahal sebenernya busuk. Haduhh.. Stop deh! Jadilah kita yang asli! 

Kalau kita mau bersikap apa adanya, orang lain juga akan menerima kita apa adanya. Berhentilah berpura-pura hanya untuk mencari teman, atau mencari perhatian guru, maupun untuk mendapat simpati orang lain. 

3. Remaja yang berani JADI DIRINYA SENDIRI. 

Masa remaja emang waktu yang pas untuk mencari jati diri kita sendiri. Temukan prinsip hidupmu dan berjuanglah untuk terus menegakkan prinsip itu seumur hidupmu! Temukan jati dirimu di dalam dirimu sendiri bukan di dalam diri orang lain. Itu baru namanya kerenn!!

Jadi, apakah saya sudah bisa dikatakan keren? Tulisan ini memang untuk menasihati diri saya sendiri. Apabila bisa bermanfaat untuk pembaca, saya sangat bersyukur.

Merindu Rasulullah SAW.ย 

“Kutinggalkan sunnah Nabi yang dilakukannya sepanjang malam. Beribadah hingga kedua kakinya bengkak dan kram. 
Nabi yang karena lapar mengikat pusarnya dengan batu. Dengan batu ia ganjal perutnya yang halus itu. 

Kendati gunung-gunung siap menjadi emas untuk dirinya. Tapi ia tolak tawaran itu dengan perasaan bangga. 

Masih perlu harta tapi ditolaknya, maka bertambahlah kezuhudannya. Masih perlu harta tapi tiada sampai merusak kesuciannya. 

Bagaimana mungkin Nabi butuh pada dunia. Sedangkan tanpa dirinya, dunia ini takkan pernah ada. 

Muhammad SAW. Adalah pemimpin dunia dan akhirat.  Juga pemimpin jin dan manusia, bangsa Arab maupun non-Arab. 

Nabi SAW.  Adalah sosok pelaku amar ma’ruf nahi mungkar. Tak satu pun seindah ia dalam berkata benar atau tidak benar. 

Dialah kekasih Allah yang syafa’at pertolongannya senantiasa dinantikan. Dinanti dari segala ketakutan dan marabahaya yang datang mengagetkan.”

Itulah arti dari sepenggal bait-bait (Burdah) sanjungan pada Rasulullah SAW. karangan Al-Imam Syarafuddin Muhammad bin Sa’id bin Hammad Ash-Shanhaji Al-Bushiriy. 

Ingin aku membuat sebuah puisi untuk menyuarakan kerinduanku pada Rasulullah SAW. Namun ketika membaca burdah, tiadalah puisiku akan seindah syair karangan Imam Al-Bushiriy. Maka, aku nikmati saja bait-bait burdah yang mampu mengalirkan air mata siapa pun yang membacanya. 

Terima kasih Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso sudah menjadi madrasah yang memupuk kerinduanku pada Baginda Muhammad SAW. Terima kasih sudah memberiku kesempatan untuk menangis di bulan Maulid ini. Terima kasih sudah menjadikan diriku ini salah satu santrimu. 

29 November 2016-pada acara ‘Pembacaan Burdah sebagai pembukaan serangkaian PKLA dalam rangka memperingati Kelahiran Rasulullah SAW.’